Entri Populer

Kamis, 29 September 2011

SEJARAH ANGKA 0

kali ini "sebut saja IBU DOSEN" memberikan tugas lagi...(mungkin karena masih mahasiswa baru, jadi dikasih tugas terus yah..hehehe)

 sebelum mulai membuat, saya akan awali dengan bacaan basmalah...
    BISMILLAHIRROHMANIIRROHIM.....

 tugas kali ini tentang SEJARAH ANGKA 0...
 

        peradaban Islam-lah yang bertindak sebagai penghubung krusial antara India dan Eropa dalam soal penyebaran nol. Orang-orang seperti matematikawan dan astronom Muslim Al-Khwarizmi (yang dari namanya kata Inggris algorithm dan algebra berasal), terus menyebarkan gagasan nol dengan risalat matematis brilian yang mengelaborasi sistem bilangan Hindu India dan sifat-sifatnya. Terjemahan Latin atas karya Al-Khwarizmi, Algoritmi de numero Indorum (Concerning the Hindu Art of Reckoning), pada sekitar 1.200 M-lah yang, dibanding karya matematika manapun, membantu mengangkat Eropa dari racun rawa Abad Pertengahan. 

Bilangan disusun berdasarkan hierarki menurut satu garis lurus. Pada titik awal adalah bilangan nol, kemudian bilangan 1, 2, dan seterusnya. Bilangan yang lebih besar di sebelah kanan dan bilangan yang lebih kecil di sebelah kiri. Semakin jauh ke kanan akan semakin besar bilangan itu. Berdasarkan derajat hierarki (dan birokrasi bilangan), seseorang jika berjalan dari titik 0 terus-menerus menuju angka yang lebih besar ke kanan akan sampai pada bilangan yang tidak terhingga.

Jika seseorang berangkat dari nol, ia tidak mungkin sampai ke bilangan 4 tanpa melewati terlebih dahulu bilangan 1, 2,dan 3. Mari kita lihat lebih jauh.Jika di antara dua bilangan atau antara dua buah titik terdapat sebuah ruas. Setiap bilangan mempunyai sebuah ruas. Jika ruas ini dipotong-potong kemudian titik lingkaran hitam dipindahkan ke tengah-tengah ruas, ternyata bilangan 0 tidak mempunyai ruas. Jadi, bilangan nol berada di awang-awang. Bilangan nol tidak mempunyai tempat tinggal alias tunawisma.

ini ada beberapa spoilernya yang ane dapat dari web gan, check this...

.
mungkin sekian dulu gan....karena sang "IBU DOSEN" memberikan syarat ketika memberikan tugas ini..."tidak lebih dari 300 kata dan kalau lebih tidak akan dinilai (sounds crazy) tapi ya itulah dosen saya..orangnya manis,imut-imut dan sangat disiplin dan berpengetahuan sekali....

sekian dari admin..wassalam

daftar pustaka :  
  1. terselubung.blogspot.com
  2. google.com
  3. wikipedia.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar