Entri Populer

Kamis, 15 September 2011

tugas mata kuliah pengantar ilmu komputasi

untuk mengawali, disini adalah sejarah dari ABOCUS (yang kita kenal dengan sempoa)

Sempoa atau sipoa atau dekak-dekak atau (abocus "menurut catatan dari buku saya") adalah alat kuno untuk berhitung/menghitung yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros berisi manik-manik/pernak-pernik yang bisa digeser-geserkan. Sempoa digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian,dan pembagian.

Sempoa telah digunakan berabad-abad sebelum nama sistem bilangan hindu-arab dan sampai sekarang masih digunakan pedagang di berbagai belahan dunia seperti di tiongkok (china kuno).
Sempoa sering digunakan sebagai alat untuk menghitung bagi tuna netra karena manik-manik pada sempoa dapat dengan mudah dirasakan dengan jari-jari. Sehelai kain lembut atau selembar karet biasanya diletakkan dibawah sempoa untuk mencegah manik-manik bergerak secara tidak sengaja.

yang diatas adalah sedikit definisi saja, sekarang mari kita pelajari lebih jauh mengenai ABOCUS atau sempoa....


Sejarah

Asal-usul sempoa sulit dilacak karena alat hitung yang mirip-mirip sempoa banyak dikenal di berbagai kebudayaan di dunia. Konon sempoa sudah ada di babilonia dan di tiongkok sekitar tahun 2400 SM dan 300 SM. pada zaman itu, orang menghitung dengan membuat garis-garis dan meletakkan batu-batu di atas pasir yang merupakan bentuk awal dari berbagai macam variasi sempoa. (masih sangat primitif sekali) hehehe
Dalam bahasa inggris, sempoa dikenal dengan nama abacus. Penggunaan kata abacus sudah dimulai sejak tahun 1387, meminjam kata dalam bahasa latin abakos yang berasal dari kata abax yang dalam bahasa yunani berarti "tabel perhitungan." Dalam bahasa Yunani, kata abax juga berarti tabel untuk menggambar bentuk-bentuk geometris di atas debu atau pasir. Ahli yang menyatakan berspekulasi bahwa kata abax berasal dari kata ābāq yang dalam bahasa ibrani yang berarti "debu." Pendapat lain mengatakan abacus berasal dari kata abak yang dalam keluarga bahasa fenisi berarti "pasir."

dan inilah beberapa gambar yang saya dapat dari kitab saya..:D




dan ini ada sedikit tambahan untuk menambah pengetahuan saja...:D


sekian dari admin...

keep PERTAMAAAX GAN!!!

2 komentar: